Tamat.

Tadinya mau langsung gue (Deko) kelarin secepatnya, tapi malah tumbang (baca: sakit) di tengah jalan. Tahu sendiri keadaan sekarang kayak apa, enggak bisa sembarangan menyepelekan penyakit. Jadi baru bisa dilanjut begitu sudah sehat total.

Seperti biasa, akan ada satu-dua patah kata di episode akhir rilisan.

Gue mulai lebih tertarik sama serial Fate Grand Order ini sejak nonton (sekaligus ngerjain) episode FGO Initium Iter yang tayang tahun lalu. Ternyata, episode itu jadi prekuel serial animenya. “Harus garap, nih!” pikir gue. Sempat ada gonjang-ganjing soal mau siapa yang nerjemahin, tapi akhirnya diputusin kalau Deko yang pegang. Terus tinggal ngajakin iFanz, dan sisanya bisa gue yang beresin.

Meski serial panjang, tapi kalau sesuai rekam jejak, harusnya ini bisa berjalan lancar sampai tamat. Eh, ternyata betulan bisa sampai tamat dan nggak molor-molor amat.

Gue memang sempat nyoba gimnya, tapi memutuskan buat berhenti karena lebih bikin ngantuk daripada pidato kepala sekolah waktu upacara dulu. Namun harus gue akui kalau cerita-cerita yang diusung memang bagus, jadi gue masih sering nanya-nanya ke Deko, Aliendz, atau iFanz (sudah jadi mantan pemain) soal ini-itu. Satu hal yang bisa gue simpulin, Ereshkigal best girl.

Oh, iya, meski tautan unduh di bawah berisi seluruh episode awal sampai akhir (termasuk episode 00), tapi gue sama sekali nggak bikin perubahan dari yang sudah pernah dirilis, jadi kalian nggak perlu mengunduh ulang. Kritik-saran yang rajin kalian kirim ke kanal Discord selalu langsung gue pakai sebagai perbaikan dalam skrip yang gue unggah di menu Berkas, tapi karena gue ada rencana buat ngerilis versi Cakram Birunya, jadi versi perbaikannya bakal sekalian gue rilis saat itu saja.

Terakhir, terima kasih buat Deko yang hampir selalu setor terjemahan ciamiknya tiap pekan tanpa tunda, iFanz yang meski tsundere tapi selalu ngasih yang terbaik, dan kalian yang masih setia nonton serial ini bareng kami. Sampai jumpa di rilisan lain!
-Hoshii

Dua musim garap fgo babilonia salah satu pengalaman menakjubkan, Mbak Deko yang selalu tepat waktu kasih terjemahan, Hoshii yang tak pernah letih mengingatkan untuk rilis… tepat waktu, Kukky yang diperas terus menerus selama dua musim buat olah videonya. Buktinya bisa kelar ini… Gak ada yang mau dikomen buat kartunnya selain EPIC, grafik kece, suaranya menggelegar bikin eargasm pas battle, wah dah pokoknya.
-iFanz

Mengerjakan kartun dua cour itu capek. Butuh tekad yang kuat dan rekan yang solid.
-Deko


Para Staf Chaldea yang berperan:
Penerjemah, Pengawas: Deko
Penyelaras waktu, Penyunting, Penggubah lagu: Hoshii
Penata rias, Penggaya karaoke: iFanz
Penyelaras lagu: AkaTenshi
Pengolah video: Kukky
Penyedia informasi: Aliendz


[Yukisubs] Fate Grand Order – Zettai Majuu Sensen Babylonia (TV) | 7,6GB
MirrorAce | Mega | OneDrive | Sharer | AceFile

[Yukisubs] Fate Grand Order – Zettai Majuu Sensen Babylonia (PAHE) | 2,4GB
MirrorAce | Mega | OneDrive | Sharer | AceFile

Bila ingin mengunduh episode tertentu saja, kalian bisa gunakan tautan unduh dari MirrorAceMega, atau OneDrive.

Author