Oke, kali ini gue lagi pengin cerita.

Harusnya, tulisan ini masuk ke PerPres yang biasa gue tulis di kanal PerPres Discord Yuki. Namun karena saking banyaknya hal yang ingin gue sampain, rasanya lebih baik kalau gue tulis di sini.

Langsung ke topik pertama saja, ya.

BRAINSTORMING
MARI KITA MULAI!

STATUS PROYEK LAMA

Di sini gue nggak bakal nulis sesuai urutan prioritas dikerjainnya, jadi benar-benar acak sesuai yang gue ingat saja.

Yuru Camp (BD)

Skrip terjemahan sudah selesai, sekarang masih mandek di maestro kita, iFanz, buat di-styling dan tata rias. Orangnya lagi nggak ada mood buat beresin, jadi jangan berekspektasi lebih buat ini. Kalau kalian benar-benar pengin nonton rilisan Yuru Camp dari Yukimisu, gue saranin langsung hubungi iFanz#0232 di Discord dan tagih-tagih dia saja terus.

Oregairu. Zoku (BD)

Skrip terjemahan sudah selesai, tata rias perlu penyesuaian sedikit, tapi gue rasa juga nggak butuh waktu banyak. Belum lama ini skripnya gue lempar ke seseorang buat gue minta bantu retiming ke versi BD, jadi sekarang lagi nunggu setorannya saja. bayusuperd juga sudah siap-sedia buat ngecek skrip akhirnya. Lumayan bisa ditunggu kalau ini.

Dororo & Vinland Saga (BD)

Nggak ada progres sama sekali. Butuh seorang penyelamat buat ngechat gue dan bilang, “Sini Dororo sama Vinland Saga-nya gue bantu beresin.”

DanMachi II (TV)

Kabar baik, DanMachi II sudah diambil alih oleh Arkais. Sejauh ini sudah disetor sampai episode 9, dan sudah selesai diurus tetek bengeknya sama Akaise sampai episode 8. Kayaknya sebelum anime Spring tayang, ini bisa beres.

Fire Force & Dr. Stone (TV)

Dua-duanya masih mandek di penerjemah dan penata rias. Benar-benar macet kalau ini.

Assassins Pride (TV)

Nggak tahu lagi, gue sudah capek nagih. Udah bosen juga di-PHP-in irzie. Coba ganti kalian tagih langsung ke Rosehip#3164 di Discord, deh.

Azur Lane (BD)

Ini awalnya mau jadi proyek santai, abis mulai jalan jadi proyek slowpoke, pas udah ketinggalan banyak jadi proyek yang terlupakan. Coba langsung tagih-tagih ke FB-nya si iLuminarie ini.

Kyokou Suiri (TV)

Oke, kalau yang ini kalian bisa sepenuhnya nagih dan nyalahin gue. Setelah rilisan terakhir kemarin, gue bahkan belum sempat nonton lagi. Sebenarnya gue sudah sadar diri kalau kewalahan jadi penerjemah serial anime yang masih tayang, tapi kemarin kepalang sama janji, apa boleh buat.

TOM NYENIR
Ehehehe~

Nggak bisa ngasih estimasi, tapi mungkin setelah proyek-proyek musim lalu tamat nanti, bisa gue kejar.

Lord El-Melloi (BD)

Kalau ini lumayan aman. Lagi dikerjain dan mungkin bisa dirilis dalam waktu dekat.

Non Non Biyori the Movie – Vacation (BD)

Ini skripnya udah beres dari awal tahun (atau malah tahun lalu), tapi gue yang malas buat finishing. Mungkin bakal gue beresin dalam waktu dekat biar daftar tunggakan gue berkurang juga.

Tanya the Movie (BD)

Ini dikerjain bareng KentutNeraka. Penerjemahnya si irzie juga, tapi doi sudah setor dari tahun lalu. Tata rias juga sudah diberesin sama naru, jadi memang tinggal gue edit sama cek-cek lagi. Ngerampungin movie ginian kalau nggak ada waktu yang benar-benar longgar rasanya agak susah, jadi tinggal nunggu senggangnya gue nanti.

Kaiju no Kodomo (BD)

Ini proyek ajakan dari si serenium (baca: pansosnium). Sudah dia beresin dari beberapa minggu lalu juga, tapi gue yang lagi-lagi belum sempat. Ditambah ngelihat skripnya yang nggak bisa gue beresin sekali duduk, jadi semangat juga ikut angin-anginan. Dari kalian ada yang nungguin movie ini, nggak? Kali kalau tahu banyak yang nunggu, gue jadi lebih semangat. Maklum, gue pensubber baru, butuh disemangatin.


Soal proyek yang sudah-sudah kayaknya kurang-lebih begitu. Kalau ada yang belum tertulis, berarti antara gue yang lupa atau memang sudah nggak dikerjain sama sekali. Anggep saja sudah di-drop dan cuma keajaiban yang bisa bikin dirilis.

Lanjut ke proyek musim depan, ya. Berarti proyek Spring 2020.


PROYEK SPRING 2020

Oregairu. Kan (TV)

Harusnya ini sudah tertebak. Soalnya di atas gue tulis kalau musim keduanya lagi diberesin juga. Harapannya bisa dirilis sebelum musim ketiganya ini tayang.

Susunan relawannya juga sudah oke, jadi tinggal tunggu waktu tayang nanti.


Eh, memang itu doang, sih. Ada Kaguya S2 yang juga tayang musim depan, tapi masih gue pikir-pikir ada waktu buat ngesubnya atau enggak. Ada juga judul lain kayak Yesterday wo Utatte, Tower of God, sama Kakushigoto yang dipertimbangkan, tapi sejauh ini masih banyak posisi relawan yang belum terisi untuk judul-judul itu.


Terakhiiiiiiiiiiiiir, waktunya

… PENERIMAAN RELAWAN SPRING 2020!

DITUNGGU
SINI!

Iya, kalian nggak salah baca, kok. Yuki (lagi-lagi) membuka penerimaan relawan buat musim semi ini. Mulai dari penerjemah, penyelaras waktu, penata rias, pembuat efek karaoke, penyunting, sampai pengolah video.

Kalau berminat, langsung chat hoshii#6583 di Discord dengan kirim sampel kerjaan kalian. Ditunggu!


Hal-hal utama yang pengin gue sampain sudah gue tulis di atas, tapi ada beberapa hal lain yang pengin gue sampaikan juga di sini.

  1. Gue sudah mulai ninggalin Facebook (dan sosial media lainnya), jadi mungkin komentar-komentar kalian di tiap postingan bakal lebih jarang dibalas (karena yang punya akses ke FP Yuki cuma beberapa relawan lama). Mungkin nanti bakal gue tawarin ke relawan-relawan baru buat pegang FP juga, tapi sementara ini keadaannya masih kayak begitu. Pengecualian buat pesan yang kalian kirim ke Inbox FP, ya. Gue masih pakai Messenger, jadi pasti sebisa mungkin gue balas.
  2. Sudah lama gue sama teman-teman nggak bikin podcast lagi karena kekurangan topik seru buat dibahas. Kira-kira topik apa yang rame, ya?
  3. Gue nggak pernah secara terang-terangan nyebutin kalau Yuki pakai pemendek tautan, karena memang pemendeknya bisa dengan mudah diblokir pakai adblock. Tapi, karena gue sudah terlalu lama pakai duit pribadi jadi kali ini gue rasa sudah waktunya minta kalian buat whitelist situs Yuki dari adblock. Recehan, sih, tapi lumayan buat tambah-tambah. Mau gue pasang iklan banner segala macem, tapi nyari yang nonintrusif susahnya minta ampun. Jadi sejauh ini itu dulu.
  4. Dunia Fansub anime saat ini benar-benar sekarat. Sekarat dalam artian berbagai hal. Fansubber yang makin nggak peduli sama rilisannya, Leecher yang makin nggak peduli sama tontonannya. Gue tahu itu nggak bisa dielakkan karena perkembangan zaman, tapi gue rasa kita bisa lebih dari ini. Ayo coba diobrolin.

Kurang-lebih begitu curhatan gue. Jangan lupa join Discord Yuki dan subscribe ke kanal Youtube Yuki!