Part of the journey is the end…

Enggak terasa, sudah dua musim kita bertualang bareng Naofumi dan kawan-kawannya. Meski belum ada bocoran bakal ada musim keduanya atau enggak, tapi rasanya kita bisa sedikit berekspektasi buat itu.

Oh iya, seperti biasa, satu-dua patah kata dari relawan yang ikut serta ngerjain anime ini sampai akhir:

Deko

Ini pertama kalinya gue garap kartun gelut. Berawal dari Hoshii yang minta gue garap ini karena dia yang terlalu semangat. Padahal tadinya gak mau garap apa-apa karena mau santai sebelum Lord El-Melloi keluar. Ditambah serial ini sangat bikin emosi di awal-awal karena tokoh-tokoh di sekitar MC yang memang busuknya sudah tidak tertolong. Kayaknya selama ngesub, baru kali ini gue sampai marah-marah di skripnya. Meski begitu, harus diakui animasinya bagus, bagian gelutnya “berasa”. Kerumitan sistem isekai ala MMORPG juga terasa. Cukup bedalah untuk kartun bertema “isekai”.

Kelancaran proyek ini berkat gue yang nyetornya rajin, om iFanz yang rela dipalakin sama Hoshii (padahal di beberapa episode, typeset-nya cuma tinggal di copy), dan Hoshii yang memang sudah seharusnya paling semangat kelarinnya (karena kalau enggak, biasanya gue cengin di discord). Akhir kata, sampai ketemu di rilisan lain.


iFanz

Berasa aneh sumpah, proyek panjang bisa rampung, eh yang standar semusim gak kelar-kelar ckck… tbh, saya sendiri sama sekali enggak nonton ini kartun (nonton epi 1 doang sih, itupun sekilas aja), jadi ya selama 6 bulan cuma ngerjain apa yang diperintahin doang, tapi kartunnya enggak ditonton, terkadang yang garapan (lain) yang lebih diekspektasi malah keduluan sama yang enggak terlalu disekspektasi. Au dah pusing, ini juga masalahnya selama dua musim nge-ts-nya gitu-gitu dong ‘3’ .


Hoshii

Alasan awal gue pengen banget ngerjain anime ini karena adaptasinya yang di luar ekspektasi gue waktu baca manganya dulu. Meski ada beberapa bagian yang gue rasa butuh penjelasan lebih, tapi enggak berlebihan kalau gue bilang anime Tate no Yuusha ini sudah diadaptasi dengan solid.

Dulu di 3 episode awal (atau berapa gue lupa), gue yang nerjemahin, karena waktu itu Deko lagi sibuk. Setelah pindah tangan, gue pikir bisa fokus ke proyek lain (Kaguya), eh ternyata nyatanya enggak juga. Tetap ini yang tamat duluan. HAHAHA.

iFanz setengahnya agak gue paksa buat ngerjain anime ini, makanya dia sendiri sampai enggak nonton. Tapi dengan bantuan Deko dan yang lain, eh setoran tata riasnya malah lancar dan sampai selesai.

Catatan perbaikan buat siapapun yang mau pakai skrip dari sini, yaitu soal salah ketik, konsistensi panggilan/sapaan, nama jurus, sekaligus perbaikan soal lokalisasi istilah yang di beberapa bagian sempat terlewat.

Tidak lupa juga shoutout buat Aliendz dan Phenkz yang di beberapa kesempatan sempat bantu buat beresin anime ini. Terima kasih juga buat kalian yang sudah ngikutin dari Yukimisu selama 2 musim ini, dan sampai jumpa di rilisan lain nanti!


Daftar relawan yang berperan:
Penerjemah: Hoshii (1-3), Deko (4-25)
Penyunting, Penyelaras waktu: Hoshii
Penata rias, Penggaya lagu: iFanz
Penggubah lagu: Deko, Hoshii
Pengolah video: Kukky
Pembantu umum: Aliendz, Phenkz


[Yukimisu] Tate no Yuusha no Nariagari – 01 – 25 (720p-QAAC) (Batch)
Mega | Mirror | OneDrive | GDrive | Berkas

Paket Hemat (PAHE)
Pasted.co

11 Comments

  1. Shella Febry Reply

    otsukaresama admin-tachi~~~ thanks udah garap anime ini! ditunggu garapan yang lain >< <3

Write A Comment