Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e – Episode 12 (Bersambung?)

[Yukimisu] Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e - Penutup

Dengan begini, selesai sudah garapan Yuki di musim panas ini!

Seperti biasa, penutup rilisan selalu diakhiri pakai pesan-kesan dari relawan yang ngerjain kartun ini 🙂

Deko (Penerjemah)
Selama menonton, penyajian cerita, konflik, dan resolusi pada tiap arc dirasa sudah cukup memuaskan dan berkesan. Namun hal ini justru terbalik dari segi penokohannya karena tidak ada satu pun karakter yang “nempel” atau berkesan bagi saya. Entah kenapa, atmosfer tiap karakternya terasa sama semua pada akhirnya. Tidak bisa dipungkiri, ekspektasi awal saya terhadap karakternya memang terlalu tinggi. Secara keseluruhan, kalau mau dibilang bagus, tapi karakternya menyebalkan, tapi ceritanya bagus. Bingung.

iFanz (Penata rias, Penggaya lagu)
Kelas elite, anime yang menceritakan sebuah sekolah yang memberi prospek masa depan yang gemilang bagi siapa saja yang menempuh pendidikan di sana, tapi ternyata ada sebuah kasta pembatas di antara para murid, inilah yg bikin kesengsem ceritanya, karena bisa dibilang mirip Baka to Test tapi versi seriusnya… Mungkin emang iya beberapa plot-nya terasa lambat banget, bahkan klimaksnya gak ngena, tapi untungnya masih menarik buat ditonton. Kalau dilihat dari reputasinya Lerche sih harusnya bisa diadain S2-nya. Mau cari sumber novelnya juga belum jauh yang sudah diterjemahin. Btw, cewek-ceweknya memanjakan mata semua euy~

Hoshii (Penyunting, Penyelaras waktu, Pengolah video, Pengisi kekosongan hatinya)
Kalau yang lain bicara soal ceritanya, gue bakal nulis soal behind the scene-nya saja. Awalnya, ini proyek yang mau Yuki usung sendiri. Tapi pas sekitar udah jalan 3 minggu (atau 3 episode tayang), gue yang waktu itu mau ngurus tata riasnya juga  malah keteteran dan ngerasa nggak bakal beres kalau begini terus (sekarang gue udah nggak mau maksain karena yang dulu-dulu hampir selalu berakhir dengan delay berkepanjangan). Mau nyolong tata rias fansub luar, tapi nggak ada yang pantes buat dicolong. Okelah, berarti cara satu-satunya ya tinggal ngajakin Master iFanz. Sebelum ngajakin orangnya, gue agak skeptis sih, soalnya di sebelah juga ambil beberapa judul kartun yang bisa dibilang berat di bagian tata riasnya. Eh tapi kenyataan berkata lain, ternyata orangnya bersedia. Baguus deh, berarti harusnya bisa lancar, sampaaai akhirnya sekarang tiba di penghujung episode yang gue rasa bisa dibilang nggak ada kendala yang berarti.

Oh iya, yang tertera di bawah ini adalah tautan versi final (video maupun skripnya), yang beberapa episode udah dirombak sesuai dengan masukan-masukan kalian. Meski ada yang sekadar satu-dua kata, tapi OCD gue memberontak kalau sampai nggak dibikinin versi keduanya.

Tidak lupa terima kasih yang spesial buat Aliendz karena udah bantu ngecek skrip sebelum dirilis, juga buat Phenk karena beberapa kali bersedia buat bantu nyelarasin waktu.

Akhir kata, terima kasih buat Tiramisu Fansub buat join proyeknya, sampai ketemu di musim keduanya (kalau ada), dan sampai ketemu di musim depan dengan garapan-garapan baru dari Yuki!
Terima kasih!